Strategi Bisnis Saat Pandemi dari Berbagai Brand Ternama

Strategi bisnis saat pandemi pasti sangat dibutuhkan oleh para pemilik bisnis pemula yang masih kebingungan untuk memulai bisnis di masa pandemi. Beberapa brand besar ternyata sudah menerapkan strategi bisnis yang memang dikhususkan untuk menghadapi masa pandemi seperti saat ini, alhasil banyak bisnis yang sukses walaupun sempat terkendala covid-19.

Strategi Bisnis Saat Pandemi dari Berbagai Brand Ternama

Pandemi bukan hanya berdampak pada kondisi kesehatan tapi juga berdampak pada berbagai sektor termasuk pada kebiasaan bisnis. New normal yang digalakan oleh pemerintah memaksa masyarakat untuk mengikuti kebiasaan baru dengan mengikuti protokol kesehatan atau mengubah tatanan kehidupan yang baru menyesuaikan dengan kondisi pandemi.

Kebiasaan-kebiasaan baru ini jelas berpengaruh pada kegiatan ekonomi bisnis yang harus dijalani oleh para pemilik bisnis yang baru memulai usahanya. Perubahan ini membuat bisnis-bisnis besar terpaksa mengurangi produksi dan bahkan hingga memilih untuk gulung tikar karena tidak bisa menghadapi perubahan pada masa covid-19.

Strategi Bisnis Saat Pandemi yang Diadaptasi Oleh Brand-Brand Ternama

Brand-brand besar dari berbagai brand pakaian hingga makanan membuat banyak strategi baru untuk menghadapi masa pandemi yang sempat menghambat berbagai kegiatan bisnis. Berikut ini beberapa strategi bisnis yang dilakukan oleh brand-brand besar untuk tetap mempertahankan namanya dan dan mempertahankan profit bisnisnya.

  1. Strategi Jemput Bola

Strategi ini sempat dilakukan oleh brand ternama Chatime dan Pizza Hut menggunakan media gerobak dan Food Truck untuk langsung mendatangi calon konsumen di berbagai tempat secara mobile. Strategi ini memang bukan hal baru dan sudah tidak asing lagi, namun ternyata karena ketika masa pandemi orang-orang diharuskan untuk berada di rumah strategi jemput bola ini menjadi lebih efektif.

  1. Menjual dan Memberikan Bonus Perlengkapan Covid-19

Strategi bisnis saat pandemi yang kedua yaitu dengan memberikan bonus perlengkapan new normal seperti masker untuk diberikan kepada pelanggan pada setiap pembelian produknya. Berbagai macam produk selain fashion juga terkedang membuat brand masker atau perlengkapan covid-19 tersendiri untuk menarik calon pelanggan.

Strategi ini juga bisa dibuat sebagai bentuk kolaborasi bersama brand lain untuk membangun brand awareness dan meningkatkan popularitas. Anda juga bisa membuat inovasi berbagai produk yang banyak dibutuhkan ketika pandemi untuk diberikan sebagai bonus atau memang dibuat sebagai produk eksklusif khusus.

  1. Menggunakan Sistem Delivery Order

Ketika pandemi orang-orang diwajibkan untuk berada di rumah dan tidak makan di tempat umum atau di tempat tempat makan karena ditakutkan bisa terjangkit penyakit menular. Maka dari itu menggunakan sistem delivery order menjadi salah satu strategi yang paling umum dilakukan bagi para pemilik bisnis kuliner jika ingin mempertahankan bisnisnya.

  1. Membuat Inovasi Kemasan Produk

Ketika pandemi covid-19 terjadi kebanyakan orang-orang membeli barang-barang untuk disimpan di rumah sebagai stok bulanan atau mingguan. Hal ini dilakukan agar orang-orang dirumah tidak perlu sering keluar membeli keperluan sehari-hari apalagi kegiatan untuk keluar rumah dibatasi oleh pemerintah.

Salah satu strategi dari Starbucks Indonesia yaitu membuat inovasi kemasan produk lebih besar atau kopi literan menjadi salah satu cara efektif untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin menyetok minuman dirumah. Anda bisa membuat inovasi produk kemasan lebih besar atau lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan stok yang dibutuhkan saat pandemi.

Dengan mengikuti strategi bisnis saat pandemi diatas bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis walaupun menghadapi pandemi seperti saat ini. Anda tidak perlu khawatir karena di dalam bisnis pasti selalu ada peluang yang bisa dimanfaatkan salah satunya walaupun terjadi pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *