Efek Begadang Malam, Banyak Kondisi Buruk Menanti

Efek begadang malam sejauh ini menunjukkan hal yang tidak baik untuk kesehatan. Ada berbagai macam alasan yang membuat seseorang sering begadang seperti insomnia hingga lembur.

Efek Begadang Malam, Banyak Kondisi Buruk Menanti

Sebenarnya, untuk masalah jam tidur yang diperlukan, setiap orang memiliki jam yang berbeda-beda, bergantung dari usianya. Orang dewasa biasanya memperoleh tidur cukup ketika sudah tidur selama 7 hingga 9 jam dalam sehari.

Anak-anak biasanya membutuhkan waktu tidur 10 hingga 13 jam dalam sehari. Ketika tidur, tubuh akan memperbaiki kondisi mental dan fisik. Khususnya di usia remaja, tidur bisa menjadi waktu untuk tubuh melepas hormone pertumbuhan.

Efek Begadang Malam untuk Kesehatan

Ketika begadang malam, Anda bukan hanya mengalami ngantuk berlebihan atau sering menguap, namun kondisi emosi serta fungsi otak juga akan berpengaruh.

Bahkan, efek begadang untuk kesehatan juga bisa meningkatkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker, diabetes hingga obesitas. Bukan hanya itu, berikut berbagai macam efek begadang di malam hari, seperti:

  1. Meningkatkan risiko kematian

Terdapat studi yang menyatakan bila tidur yang berdurasi 5 jam sehari bisa meningkatkan risiko kematian hingga 12%. Peningkatan risiko tersebut berlaku untuk seluruh penyebab kematian.

Lebih-lebih untuk penyebab kematian seperti pembuluh darah dan jantung.

  1. Risiko kanker

Begadang juga erat kaitannya dengan risiko kanker. Penelitian menunjukkan jika mereka yang mempunyai kebiasaan kurang tidur mempunyai risiko terkena kanker cukup tinggi.

Sebenarnya belum diketahui secara pasti sebenarnya apa efek begadang pada kemunculan kanker, namun hal ini di duga berkaitan dengan kerusakan sel tubuh dan stress.

  1. Depresi

Saat begadang, jam tidur yang Anda miliki menjadi terpotong. Kebanyakan orang yang didiagnosis mengalami kecemasan dan depresi merupakan mereka yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam sehari.

Bukan hanya kebiasaan begadang, gangguan tidur juga bisa mengarah pada insomnia. Seperti yang diketahui, insomnia berkaitan erat dengan kondisi depresi.

  1. Menurunkan libido

Libido yang mengalami penurunan bisa disebabkan karena efek begadang. Saat kurang tidur, tubuh akan mengantuk, kelelahan bahkan energy menjadi berkurang.

Jika hal ini terus menerus terjadi, minat pada seks menjadi berkurang drastic.

  1. Kemampuan berpikir berkurang

Tanpa disadari, efek begadang malam ternyata juga bisa membuat kemampuan berpikir menjadi berkurang dibandingkan dengan semestinya. Efek begadang bisa mengurangi daya nalar hingga kemampuan untuk memecahkan masalah.

Bahkan, kemampuan memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga dapat mengalami penurunan karena begadang. Jika hal ini terjadi di jalan raya, tentu saja bahaya kecelakaan berkendara akan mengintai.

  1. Lebih pelupa

Saat tidur, otak bisa mengalami proses regenerasi sel. Proses regenerasi sel ini sangat berguna untuk memperkuat ingatan, selain itu proses ini bisa memindahkan memori dan ingatan ke bagian otak yang berguna sebagai penyimpanan memori jangka panjang.

Sayangnya, begadang akan menghambat seluruh proses ini serta meningkatkan rasa mengantuk sehingga Anda menjadi lebih pelupa serta sulit melakukan konsentrasi. Akibatnya, kemampuan daya ingat berkurang.

Jika hal ini terus menerus terjadi, tentu saja efek nya bisa menjadi semakin buruk, apalagi jika Anda sibuk melakukan aktivitas bekerja dan bersekolah.

  1. Kulit terlihat lebih tua

Ketika kurang tidur, hormone stress yang dilepaskan bisa lebih banyak. Hormone ini akan memecah kolagen di kulit. Padahal kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis dan kencang.

Kurang tidur akan membuat mata menjadi lebih bengkak, kulit kusam, hingga akhirnya bisa menimbulkan garis halus yang berada di wajah dan membuat kulit menjadi kusam.

Jika sudah mengetahui efek begadang sangat tidak baik bagi tubuh, lebih baik Anda berpikir ulang ketika memutuskan badang. Anda juga harus membayar hutang tidur agar efek begadang malam tidak memperburuk kondisi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *